Transparent Sexy Pink Heart

Panda

Sabtu, 19 November 2016

Tugas 3 - Pengantar Bisnis : Menganalisis Bauran Produk dan Jasa


1.   Tentang TELKOM Kandatel Bantul

Pada tahun 1995 PT Telkom mengalami rekonstruksi internal yaitu Penerapan Kerjasama Operasi (PKO) dimana tanggal 1 Juli 1995 PT Telkom menghapus struktur Organisasi Wilayah Usaha Telekomunikasi (WITEL) yang berjumlah 12 Witel  menjadi 7 Divisi Regional (DIVRE) dan satu Divisi Network.
Adapun 7 Divisi Regional tersebut meliputi :

1.   Divisi Regional I            : meliputi wilayah Sumatra

2.   Divisi Regional II           : meliputi wilayah DKI Jakarta

3.   Divisi Regional III          : meliputi wilayah Jawa Barat

4.   Divisi Regional IV          : meliputi wilayah Jawa Tengah dan Daerah

Istimewa Yogyakarta

5.   Divisi Regional V           : meliputi wilayah Jawa Timur

6.   Divisi Regional VI          : meliputi wilayah Kalimantan

7.   Divisi Regional II           : meliputi wilayah Bali dan Kawasan

Indonesia Timur

Dari ketujuh Divre tersebut, Divre IV (Jawa Tengah dan DIY)

membawahi 5 Kantor Wilayah Telkom (WITEL), yaitu :

1.   Witel Pekalongan

2.   Witel Purwokerto

3.   Witel Semarang

4.   Witel Solo

5.   Witel Kudus

6.   Witel Salatiga Witel  Yogyakarta  membawahi  Kantor  Daerah  Wilayah  Telkom

(KANDATEL) ;

1.   Kandatel Bantul

2.   Kandatel Sleman

Kandatel Bantul sendiri membawahi Kancatel Wates dan Kancatel

Wonosari.

Telkom adalah satu-satunya BUMN telekomunikasi serta penyelenggara layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. Telkom melayani jutaan pelanggan di seluruh Indonesia dengan rangkaian lengkap layanan telekomunikasi yang mencakup sambungan telepon kabel tidak bergerak dan telepon nirkabel tidak bergerak, komunikasi seluler, layanan jaringan dan interkoneksi serta layanan internet dan komunikasi data. Telkom Group juga menyediakan berbagai layanan di bidang informasi, media dan edutainment, termasuk cloud-based and server-based managed services, layanan e-Payment dan IT enabler, e-Commerce dan layanan portal lainnya.

Berikut penjelasan portofolio bisnis Telkom:

a.   Telecommunication
Telekomunikasi merupakan bagian bisnis legacy Telkom. Sebagai ikon bisnis perusahaan, Telkom melayani sambungan telepon  kabel  tidak  bergerak  Plain  Ordinary Telephone  Service (”POTS”), telepon nirkabel tidak bergerak, layanan komunikasi data,  broadband,  satelit,  penyewaan  jaringan  dan  interkoneksi, serta telepon seluler yang dilayani oleh Anak Perusahaan Telkomsel. Layanan telekomunikasi Telkom telah menjangkau beragam segmen pasar mulai dari pelanggan individu sampai dengan Usaha Kecil dan Menengah (“UKM”) serta korporasi.
b.  Information
Layanan informasi merupakan model bisnis yang dikembangkan Telkom dalam ranah New Economy Business (“NEB”). Layanan ini memiliki karakteristik sebagai layanan terintegrasi bagi kemudahan proses kerja dan transaksi yang mencakup Value Added Services (“VAS”) dan Managed Application/IT Outsourcing (“ITO”), e-Payment dan IT enabler Services (“ITeS”).
c.   Media
Media merupakan  salah  satu  model  bisnis  Telkom  yang dikembangkan sebagai bagian dari NEB. Layanan media ini menawarkan Free To Air (“FTA”) dan Pay TV untuk gaya hidup digital yang modern.
d.  Edutainment
Edutainment menjadi salah satu layanan andalan dalam model bisnis NEB Telkom dengan menargetkan segmen pasar anak muda. Telkom menawarkan beragam layanan di antaranya Ring Back Tone (“RBT”), SMS Content, portal dan lain-lain.

e.   Services
Services menjadi salah satu model bisnis Telkom yang berorientasi kepada pelanggan. Ini sejalan dengan Customer Portfolio Telkom kepada pelanggan Personal, Consumer/Home, SME, Enterprise, Wholesale, dan Internasional.

Sebagai perusahaan telekomunikasi, Telkom Group terus mengupayakan inovasi di sektor-sektor selain telekomunikasi, serta membangun  sinergi  di  antara seluruh  produk,  layanan  dan  solusi,  dari bisnis legacy sampai New Wave Business. Untuk meningkatkan business value, pada tahun 2012  Telkom Group mengubah portofolio bisnisnya menjadi TIMES (Telecommunication, Information, Media Edutainment & Service).   Untuk   menjalankan   portofolio   bisnisnya,   Telkom   Group memiliki empat anak perusahaan,  yakni PT. Telekomunikasi  Indonesia Selular (Telkomsel), PT. Telekomunikasi Indonesia International (Telin), PT. Telkom Metra dan PT. Daya Mitra Telekomunikasi (Mitratel).



2.   Produk dan Harga Indihome PT Telkom Kandatel Bantul
Produk Indihome PT Telkom Kandatel Bantul

IndiHome merupakan layanan Triple Play dari Telkom yang terdiri dari Internet on Fiber atau High Speed Internet, Phone (Telepon Rumah), dan IPTV (UseeTV Cable). Layanan tripleplay IndiHome menggunakan infrastruktur Fibe To The Home (FTTH) disebut dengan Indihome Fiber.
Untuk  infrastruktur   yang  masih  menggunakan  Multi  Service Access Node (MSAN), Indihome ditawarkan dengan paket kecepatan sampai dengan 5 Mbps. Indihome pada MSAN diposisikan untuk mendukung posisi market leadership dari Indihome Fiber. Sedangkan yang menggunakan infrastruktur copper wire, optimal pada kecepatan sampai dengan 2 Mbps, akan terus dikurangi.


Gambar 4.1 Paket Indihome FTTH




Gambar 4.2 Paket Indihome Fiber (Non FTTH)


UseeTV Cable merupakan  layanan  IPTV pertama di  Indonesia. Selain memberikan tayangan yang berkualitas, UseeTV Cable juga memberikan berbagai macam fitur yang tidak ada di penyedia layanan kabel lainnya, seperti Pause & Rewind TV, Video on Demand, Video Recorder dan lainnya. Usee TV Cable memiliki beragam Channel pilihan. Saat ini, Channel yang ada sebanyak 99 Channel pilihan, terdiri dari 18
Channel TV Lokal dan 81 Channel TV Internasional Telepon rumah adalah layanan komunikasi telepon dengan keunggulan biaya yang lebih murah dan kualitas suara yang jernih. Paket Telepon Rumah IndiHome menawarkan gratis nelpon 1000 menit lokal atau Interlokal per bulan atau setara dengan 17 jam per-bulan.

Harga Indihome PT Telkom Kandatel Bantul
Harga indihome yang ditawarkan PT Telkom Tbk Kandatel Bantul kepada pelanggan berbeda antara indihome 100% fiber atau FTTH dengan indihome fiber atau non FTTH. Berikut harga indihome :
Harga Indihome 100% Fiber

Indihome

FiberTelepon RumahUsee TVHarga10 MbpsGratis     1000     menit

nelpon local/interlokalUseeTV all channel

99 channel pilihanRp   290.000/

bulan20 MbpsGratis     1000     menit

nelpon local/interlokalUseeTV all channel

99 channel pilihanRp   540.000/

bulan50 MbpsGratis     1000     menit

nelpon local/interlokalUseeTV all channel

99 channel pilihanRp

1.540.000/

bulan100

MbpsGratis     1000     menit

nelpon local/interlokalUseeTV all channel

99 channel pilihanRp

2.790.000/

bulan
Gambar 4.3 harga indihome 100% fiber / FTT






Harga indihome Fiber / Non FFTH

Indihome

FiberTelepon RumahUsee TVHarga1MbpsGratis    1000    menit

nelpon local/interlokalUseeTV all channel

99 channel pilihanRp    145.000/

bulan2 MbpsGratis    1000    menit

nelpon local/interlokalUseeTV all channel

99 channel pilihanRp    165.000/

bulan3 MbpsGratis    1000    menit

nelpon local/interlokalUseeTV all channel

99 channel pilihanRp    165.000/

bulan5 MbpsGratis    1000    menit

nelpon local/interlokalUseeTV all channel

99 channel pilihanRp    190.000/

bulan
Gambar 4.3 harga indihome fiber / Non FTTH

B.  Pembahasan
Suatu perusahaan tentunya mempunyai strategi-strategi tersendiri dalam mengembangkan sayap bisnis perusahaannya dalam rangka mencari keuntungan sebanyak mungkin. Khususnya dalam mempertahankan produk mereka di pasar.

1.   Segmen dan Target Pasar Indihome
Berdasarkan  hasil  wawancara  dengan  Pak  Qodri  menyatakan bahwa segmen pasar untuk  produk  indihome adalah untuk  masyarakat Bantul, Wates, dan Wonosari  segmennya untuk rumah tangga / individu kalangan menengah ke atas.



Indihome ini menjangkau segemen pasar mulai dari pelanggan individu/rumahan, perusahaan home industri, korporasi, kantor pemerintah dan instansi sekolah. Untuk korporasi, instansi sekolah dan kantor pemerintahan dalam berlangganan indihome dalam pelayanan akan dipercepat apabila mengalami gangguan atau maslaah dengan koneksi internet, telepon dan bermasalah dengan tv kabel.
Penggunanan indihome ini berorientasi pada langganan sehingga untuk mempertahankan pelanggan indihome PT Telkom Kandatel Bantul juga masih melakukan upaya pelayanan pasca pemasangan kepada pelanggan.
Dari hasil informasi di dapat ditarik kesimpulan bahwa segmen produk indihome ini berdasarkan segmen geografis, demografis dan psikografis dan behavioural.
Segmen menengah ke atas ini dengan ciri secara fisik rumah yang bagus dengan profesi wirausaha, latar pendidikan yang tinggi dengan penghasilan lebih dari rata-rata masyarakat pada umumnya. Biasanya memiliki prefernsi terhadap produk dan brands sesuai kelas mereka. Harga biasnaya bukan menjadai masalah namun yang diutamakan adalah kualitas dan layanan yang memuaskan. Dalam penentuan keputusan akan penggunaan   biasanya   akan   mempertimbangkan   keterlibatan   dalam keluarga biasanya yang akan berlanggan yang memberikan fasilitas untuk seluruh anggota keluarga.


2.   Analisis Produk Indihome PT Telkom Kandatel Bantul
Rencana penjualan Indihome tersebut meliputi migrasi paket layanan dari pelanggan existing dan new sales. Dengan berbagai keunggulan  dari  indihome  ini  pelanggan  akan  dapat  menikmati  tiga produk. Namun untuk sebagian calon pelanggan baru ataupu exiting pelanggan Telkom kandatel Bantul banyak yang belum mengetahui apa itu indihome dengan berbagai fasilitas yang akan di dapat dan kenggulannya. Bahkan teknologi FTTH dinilai lebih menentukan dibandingkan teknologi mobile broadband 4G. Triple Play dengan single billing. Ini untuk menegaskan diferensiasi dari competitor. Layanan tripleplay (Internet, IPTV, Telepon) ini yang dikemas dalam brand Indihome menggunakan infrastruktur FTTH disebut dengan  Indihome Fiber. Sesuai fokus pada FTTH, maka Indihome Fiber ditargetkan menjadi market leader pada industri fixed broadband di Indonesia.
Produk bundling indihome untuk segmen rumah tangga ada satu produk  yang  kurang  diminati  bahkan  sudah  tidak  dibutuhkan perkembangan teknologi saat ini yaitu telepon rumah. Sekarang ini setiap orang sudah memiliki mobile phone bahkan smart phone yang biasanya dalam satu keluarga sudah memliki satu atau lebih dari satu. Hal ini lah yang dirasa kurang efektif masih bertahanya telepon rumah yang ditawarkan oleh  Telkom.  Kalaupun  tidak  menggunakan  telepon  rumah maka pengguna pun tidak bisa menggunakan koneksi internet dan tv kabel useetv. Penawaran telepon rumah dari indihome ini pengguna akan mendapat gratis telepon sesam telepon rumah sekarang sudah jarang orang yang menggunkan telepon rumah jadi pelanggan akan tetap membayar tariff normal apabila akan melakukan panggilan ke mobile phone.
Sedangkan untuk useetv untuk segmen korporasi, industry rumah tangga, kantor pemerintahan, instansi sekolah kurang membutuhkan biasanya hanya membutuhkan koneksi internet dan teleponnya saja. Koneksi  internet  pun  hanya  bisa  dinikmati  dirumah  saja  atau  hanya sebagai wifi area lingkungan pelanggan untuk koneksi internet ini pelanggan   tidak   bisa   terkoneksi   internet   kemanapun   mereka   pergi layaknya membawa smart phone yang lebih fleksibel.


3.   Analisis Price (Harga) Indihome PT Telkom Kandatel Bantul
Dengan harga diatas dimasa peluncuran di bulan ketiga produk indihome pelanggan tidak dikenakan biaya pemasangan dengan ketentuan pelanggan menyediakan pesawat telepon sendiri. Harga di atas belum termasuk sewa STB (Set Top Box) untuk sewanya pelanggan akan dikenakan biaya Rp 35.000 - 40.000 per bulan dan biaya aktivasi internet sebesar  Rp  75.000  di  awal  tagihan bulan  pertama. Untuk  pembayaran setiap pelanggan dikenakan pajak 10% untuk penggunaannya. Pada awal peluncuran indihome untuk biaya pemasangan dikenakan biaya Rp 275.00 yang di bayarkan langsung pada teknisi dan pelanggan sudah mendapatkan
pesawat telepon dan instalasi kabel dari Telkom. Untuk migrasi pelanggan existing Telkom Kandatel Bantul ke triple play pun tidak dikenkan biaya tambahan. Ini akan menarik pelanggan lama karena merasa akan mendapat tambahan tambahan  fasilitas dari Telkom Kandatel Bantul dan dengan biaya yang lebih murah dibanding hanya dengan menggunkan dua produk saja.
Dalam penetapan harga indihome ini pihak Telkom kandatel bantul menggunakan penetapan harga penetrasi dimana harga diatas merupakan harga murah untuk peluncuran produk baru indihome. Kalau harga normal untuk produk indihome ini menjadi kurang menarik dan akan menjadi mahal. Disamping itu penetapan harga untuk produk indihome dengan menggunakan  penetapan  harga  relative  dimana  harga  akan  mengikuti gerak pesaing. Dengan harga itu pelanggan akan membayar lebih murah dari apa yang di dapatkan dengan bundled product Indihome terbaru dari Telkom   dengan   catatan   apabila   pelanggan   menggunakan   dengan maksimal. Namun pelanggan akan merasa membayar lebih mahal apabila pelanggan hanya menggunakan satu atau dua dari tiga produk indihome tersebut. Harga akan lebih efektif apabila pelanggan membayar sesuai dengan apa yang telah pelanggan gunakan karena dengan harga bundling pelanggan secara tidak langsung dipaksa menggunakan produk indihome meskipun tidak sesuai kebutuhan. Kalau pelanggan membayar sesuai yang digunakan maka pelanggan tidak membayar lebih mahal.


4.   Analisis Promotion (Promosi) Indihome PT Telkom Kandatel Bantul
Promosi merupakan cara yang digunakan PT Telkom untuk meningkatkan revenue perusahaan. Promosi dengan tujuan untuk membuat calon pelanggan ataupun pelanggan lama Telkom untuk tertarik dengan produk indihome. Hampir semua promosi sudah dilakukan PT Telkom diantaranya melalui periklanan melalui radio, surat kabar, dan televisi. Telkom Bantul   juga melakukan promosi dengan penyebaran brosur di daerah jaringan lokasi FTTH. Pemasangan poster, spanduk, baliho dan billboard juga dilakukan PT Telkom di tempat strategis ataupun di lokasi jaringan FTTH.


PT  Telkom  Bantul  juga  melakukan  promosi  penjualan  yaitu dengan   memberikan    pemasangan   indihome   secara   gratis   kepada pelanggan. PT Telkom Bantul menerapkan promosi personal selling dimana menggunakana marketing sales untuk mendatangi calon pelanggan dengan door to door untuk menawarkan produk indihome kepada pelanggan.   Personal selling yang dilakukan PT Telkom ini tidak hanya menjadi sales marketing namun dapat menjadai solution selling dan consultative selling bagi pelanggan. Ini merupaka hasil wawancara dengan Kepala Kandatel Bantul dan ada didokumen dari Telkom. Kenapa personal selling  lebih  efektif  hal  ini  dikarenakan  budaya  orang  Indonesia  yang masih menghargai kontak langsung dalam berkomunikasi yang berkesan lebih sopan karena nantinya pelanggan akan merasa dihargai dalam penawaran  produk  indihome.  Sebagian  segmen  dari  produk  indihome adalah  rumah  tangga  jadi  personal  selling  lebih  efektif  seperti  tagline dalam indihome digital home experience jadi akan sesuai dengan mendatangi  pelanggan  door  to  door  untuk  penawaran  dan memperkenalkan produk indihome.
PT Telkom Kandatel Bantul sendiri mempunyai strategi pemasaran yang tidak di punyai oleh provider pesaing yaitu dengan gempar (gerakan massal pemasaran) untuk Witel Jogja yang berlaku juga untuk Kandatel Bantul. Gempar ini merupakan sebuah strategi pemasaran Telkom untuk mengenalkan  kepada  masyarakat  indihome  100%  fiber  untuk  mencapai taget  3  juta pengguna indihome di  tahun 2015  ini.  Ini  juga  merupakan strategi Telkom Witel Jogja untuk menempati  posisi 10 teratas witel di Indonesia.  Ada juga kebijakan  nyabeb  dari  Telkom  jogja untuk  seluruh cabang Telkom di Jogja. Nyabed ini bertujuan untuk mencapai posisi 10 tertatas di Indonesia dengan strategi penjualan indihome focus nyabed merupakan program nyales ben dino yang mulai diadakan pada 26 Januari
2015  untuk  promosi  di  lokasi  jaringan  cluster  FTTH.  Kandatel  Bantul sendiri sudah melakukan nyabed pada akhir bulan Maret tepatnya pada tanggal  29  Maret  2015  kegiatan  ini  diikuti  sekuruh  karyawan  Telkom Bantul, Wates dan Wonosari nyabed ini dilaksanakan dengan menyebar brosur di Wonosari di cluster  FTTH.




Strategi  pemasaran  ini  menarik  karena  untuk  memperkenalkan produk indihome kepada masyarakat seluruh karyawan terjun langsung di lapangan  dengan  menyebar brosur ke masyarakat  melakukan  penawaran person to person sehingga masyarakat merasa dekat dengan karyawan Telkom disamping itu masyarakat akan tertarik untuk mengetahui informasi indihome karena banyak masyrakata yang belum mengetahui indihome.
Dalam perkembangan tekonologi sekarang ini anak muda berperan dalam peningkatan pengguna suatu produk. Untuk produk indihome sendiri ada produk internet super cepat anak muda sekarang ini internet merupakan kebutuhan  yang  mutlak.  Dengan  promosi  tertuju  kepada  anak  muda mungkin akan menarik anak muda untuk menggunakannya, bisa menjadi sponsorship acara kalangan muda ini sudah dilakukan dengan menjadi sponsor NBL tahun ini. Atau promosi dengan melibatkan keaktifan anak muda  dengan  audisi  berkaitan  dengan  teknologi  hal  ini  snagat  menarik untuk kalangan muda.
Untuk promosi orang tua perlu ditingkatkan bisa juga dengan mengadakan pelatihan penggunaan internet agar orang tua juga bisa memantau pengguna internet oleh anaknya.


5.   Analisis Place (Distribusi) Indihome PT Telkom Kandatel Bantul
Calon pelanggan yang berkeinginan untuk berlanggan penggunaan indihome dapat langsung mendatangi Plasa Telkom Kandatel Bantul atau juga bisa melalui via telepon 147. Setelah melakukan pendaftaran tempat pelanggan akan dicek apakah lokasi terkoneksi dengan jaringan karena tidak semua lokasi di Bantul ada koneksi FTTH. Hanya ada 9 jaringan ODC FTTH yang tersebar di Bantul. Informasi ini dari teknisi instalasi PT
Telkom Kandatel Bantul. Sedikitnya koneksi jaringan ftth ini yang masih perlu ditingkatkan agar para pelanggan dapat menikmati koneksi internet.
Untuk semua instalasi kabel dan kebutuhan untuk pelanggan dari modem  internet,  STB  Telkom  Bantul  mendapatkan  distribusinya  dari Witel Jogja. Baru setelah barang kebutuhan untuk pemasangan datang dari Witel Jogja baru didistribusikan langsung ke pelanggan   yang ada di wilayah Bantul, Wates, dan Wonosari.



Kurang   meluasnya   jaringan   FTTH   ini   menyulitkan   calon pelanggan yang berkeinginan menggunakan indihome harus kecewa. Hal ini juga yang menjadi kandala dalam peningkatan jumlah pengguna indihome.  Jadi  untuk  meningkatkan  pengguna  indihome  perlu ditambahnya jaringan FTTH.


6.   Analisis Process Indihome PT Telkom Kandatel Bantul
Untuk dapat berlanggan indihome pelanggan bisa langsung mendatangi Plasa Telkom Kandatel Bantul dengan persyaratan membawa foto copy KTP dan materai 6000. Calon pelanggan juga bisa mendaftar melalui 147 yang nanti datanya akan masuk ke Telkom apabila lokasi di area Kandatel Bantul maka data akan masuk ke Telkom Kandatel Bantul.
Untuk proses selanjutnya CSR akan mengecek lokasi calon pelanggan apakah lokasi sudah terkoneksi denga jaringan ftth atau kah masih koneksi dengan msan. Untuk pemasangan pelanggan dapat menunggu dalam waktu 3x24 tekisi untuk melakukan pemasangan.
Serangkaian tindakan yang diperlukan untuk memberikan produk atau jasa dengan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Suatu proses bisa berisi yang diberlakukan untuk memperoleh produk yang dibutuhkan konsumen   diperlukan   pelayanan   yang   cepat,   mudah   dan   ramah memberikan   nilai   lebih   pelanggan   terhadap   indihome.   PT   Telkom Kandatel Bantul sudah mencoba memberikan pelayanan yang baik, melakukan  proses  penjualan  yang  cepat  dan  tidak  merugikan  atau berusaha tidak mengecewakan konsumen.

7.   Analisis People PT Telkom Kandatel Bantul
Secara garis besar, karyawan yang dimiliki oleh PT   Telkom Kandatel Bantul  terbagi kedalam dua garis besar , dengan Kepala Kantor Telkom Kandatel Bantul, bagian pelayanan pelanggan dan bagian operasi teknisi dan pemeliharaan. Masing-masing bagian dipimpin oleh Asisten Manajer. Bagian pelayanan pelanggan dibagi kedalam supervisor plasa di Bantul, Wates dan Wonosari. Di dalam plasa terdapat 3 CSR untuk melayani pelanggan yang mengalami gangguan ataupun yang akan melakukan pemasangan baru. Di Telkom Kandatel Bantul ada 4 bagian marketing. Untuk pembayaran pelanggan bisa melakukan transaksi di Kopegtel Telkom.
Kunci keberhasilan dari IndiHome nantinya terletak salah satunya pada people. Saat ini Telkom Kandatel Bantul tengah menggeber proses rebranding dengan  komunikasi  pemasaran  dilakukan  secara terintegrasi
yang fokus memperkenalkan dan mengedukasi penggunaan Indihome ke pasar.
Jadi   disini   peran   SDM   Telkom   sangatlah   penting   untuk mendukung pemasaran dan penjualan layanan Indihome. Sales Channel diarahkan untuk tidak lagi melakukan penjualan single product, baik telepon rumah, internet maupun USeeTV. Seluruh SDM berkewajiban dalam mengedukasi calon pelanggan mengenai produk indihome agar pengguna indihome mengalami kenaikan. SDM yang ramah kepada pelanggan akan memberikan nilai tambahan kepada pelanggan sehingga pelanggan   pun   merasa   pelayanan   memuaskan   dan   berujung   pada pelanggan yang loyal pada Telkom Kandatel Bantul.


8.   Physical Evidence
PT Telkom Kandatel Bantul  menyediakan fasilitas berupa tempat wifi corner untuk masyarakat umum dengan disediakan meja-meja kecil dan alas tempat duduk, tempat parkir, ruang tunggu yang nyaman dengan temperature suhu yang nyaman, dan   lingkungan yang bersih. Di dalam plasa Telkom juga terdapat display untuk produk indihome jadi pelanggan dapat  melihat  langsung  bukti  fisik  untuk  pemasangan  indihome.  Di Telkom Kandatel Bantul juga menyediakan area wifi corner untuk masyarakat umum, dengan penjagaan 24 jam oleh petugas keamanan.
Bangunan fisik sangatlah mendukung dalam peningkatkan jumlah pelanggan indihome. Dimana bangunan fisik akan memberikan kenyaman kepada   pelanggan   saat   mengunjungi   Telkom   Bantul.   Kenyamanan bangunan fisik dan berbagai fasilitas pendukung juga akan mempengaruhi dalam   pelayanan   pelanggan   sehinggan   pelanggan   akan   merasakan kepuasan dengan pelayanan yang diberikan Telkom Kandatel Bantul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar